Minggu, 25 Agustus 2013

KONSEP IURAN DAN DONASI

Langsung ke topik yah....biar gak habis air liur (baca : je'ne bawa hehehehe)

IURAN
Dasar Pertimbangan dilaksanakannya...
- Mengingat masih intens dan antusiasnya teman2 yang masih mau melakukan reunian dan setiap kali reunian, pendanaannya di"taktisi" dengan "saweran", kadang2 "subsidi silang" dari kegiatan arisan.
- Mengingat "nasib" atau "tingkat kesejahteraan" setiap alumni tidaklah sama, bukan berarti ada kesan "meremehkan" wong cilik atau "ketergantungan" sama yang "kaum bangsawan".... Tapi biarkan Alumni esemanoltiga 97 menuju "kemandirian" dan "mencari bentuknya"....
- Alumni ini, merupakan wadah/komunitas untuk tetap menjaga nilai2 kebersamaan..., jadi sementara tujuannya hanya "reunian dan kebersamaan",.. Meskipun telah berkembang diskusi mengarah ke bentuk yang lebih "berbadan hukum" dengan tujuan yang semakin banyak.....(bukan berarti tidak mungkin....biarkanlah kelak alumni mencari bentuknya).



Tujuannya :
- Menjaga kegiatan yang tetap menjalin hubungan kebersamaan, seperti : Arisan, reunian kelompok kecil dan reunian besar. Dengan pendanaan kegiatan secara mandiri, tidak lagi saweran.
- Ikut berperan serta dalam beberapa kegiatan yang sifatnya sosial, seperti : Sumbangsih ke Panti Asuhan, Membantu Guru yang kesusahan dll. Dengan pendanaan yang mandiri, bukan lagi saweran.

Gambaran teknis :
- Perkiraan Alumni : Sewaktu SMA mungkin ada 10 kelas dengan masing2 jumlah siswa 40 orang, jadi diperkirakan ada 400 orang. Mungkin yang aktif dan mendapat info tentang alumni ini sekitar 40% dari total alumni, jadi sekitar 160 orang (berdasarkan anggota group alumni di facebook)
- Jika iuran Rp. 20.000,- / bulan per alumni dan apabila yang aktif membayar iuran 160 orang alumni. Maka dana yang terkumpul dalam setahun Rp. 38.400.000,- (160 x 20.000 x 12). Bagaimana kalau 3 tahun ? bagaiman kalau 5 ?...... silahkan kalkulasi sendiri hehehe.
- Ini belum ditambah dengan donasi yang nominalnya secara sukarela dengan range Rp. 100,- hingga unlimit hehehehe
- Adapun hal-hal yang belum jelas saat ini akan kita atur secara bersama.

Pertanyaan :
1) Untuk apa iuran ini ? Sillahkan baca tujuan iuran yang di atas ca....

2) Sampaikan kapan alumni bayar iuran ?
Sebuah asumsi : Apabila "dana abadi" sudah cukup besar, bisa jadi iuran alumni sudah gak ada, dan sebagai ganti penambahan nominal "dana abadi" alumni dengan melakukan suatu langkah2 berinvestasi di bidang usaha, seiring dengan itu...mungkin alumni "mencari bentuknya"

3) Bagaimana alumni ke depannya ?
Hanya sebuah asumsi (prediksi) : jika "dana abadi" telah cukup besar, biarkan Alumni ini "mencari bentuknya"....bisa jadi sebuah komunitas yang berbadan hukum atau yayasan.... dengan macam2 tujuannya. Bisa juga akan tetap seperti sekarang ini.

4) Bagaimana penggunaan dana iuran setelah terkumpul ?
Untuk kegiatan pertemuan dan reunian : kalau sifatnya kecil seperti reunian alumni yang domisili di Jakarta berjumlah 50 orang alumni, koordinator disana tinggal menyampaikan info ke forum group di facebook, dan masalah berapa jumlah dana yang diperbantukan nanti diputuskan bersama (tergantung jumlah dana dalam rekening)
Untuk kegiatan sosial : seperti bantuan biaya kesehatan bagi alumni, bantuan biaya musibah bagi alumni, bantuan biaya sekolah bagi alumni...masalah besaran bantuan nanti diputuskan secara bersama namun tidak menutup kemungkinan akan ditetapkan besaran jumlah nominalnya (tergantung jumlah dana abadi dalam rekening).

5) Bagaimana pertanggungjawaban dana alumni (iuran dan donasi) ?
Pertanggungjawabannya akan ditampilkan "transaksi rekening" dalam buku tabungan secara online melalui group di facebook dengan kode2 tranksaksi yang dilakukan.

Saat ini, pendanaan kegiatan alumni masih berasal dari donasi yang besaran nominalnya kadang2 ditetapkan batas limitnya dan kadang2 secara sukarela. Kelak pendanaan kegiatan akan bersifat mandiri.

DONASI
Singkat saja yah bro...
- Oleh karena sifatnya sukarela, maka besarannya gak ditentukan. Namun akan digabung dalam rekening iuran sehingga akan bergabung dengan jumlah nominal iuran.

Pembiayan yang sifatnya mendesak dalam 6 bulan terakhir...
- Acara milad smaga ke 54
- Acara pertemuan bulan september 2013 di makassar
- Acara pertemuan di akhir tahun
Kemungkinan untuk acara pertemuan akhir tahun sudah bisa dilakukan secara mandiri dengan asumsi alumni yang aktif 160 orang dan telah membayar iuran selama 4 bulan maka dana yang terkumpul Rp. 12.800.000,- diluar dari donasi. Semoga bisa jika tidak ada angin ribut dan topan yang menghadangca....

HATI-HATI MODUS PENIPUAN ATAS NAMA ALUMNI ESEMANOLTIGA 97 MAKASSAR!!!!

Terima Kasih
Admin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar